this time to advertise
creative and innovative
Join us : https://www.facebook.com/IdeOutAdvertising
ADVERTISING PLAN
A. Pengertian
a.
Berisi latar belakang histories dan data-data mengenai program
periklanan yang sudah pernah dibuat sebelumnya untuk suatu produk
b. Merupakan rekomendasi mengenai rencana kampanye periklanan di masa yang akan datang
c. Berisi analisa SWOT mengenai suatu produk dan solusi untuk mengatasi
problem, sekaligus menangkap peluang yang ada d. Advertising Plan
merupakan Action Document yang berisi tidak hanya strategi tapi juga
implementasi dari strategi periklanan
e.
Berisi rekomendasi mengenai jumlah dana yang dibutuhkan dan rincian
penggunaannya untuk suatu kampanye periklanan dalam periode tertentu
B. Komponen-komponen Perencanaan Periklanan
Perencanaan Periklanan harus sejalan dengan perencanaan pemasaran (marketing planning).
Tujuan Periklanan harus sejalan dengan tujuan pemasaran atau dengan
kata lain tujuan Periklanan hanya bisa ditetapkan jika tujuan pemasaran
suatu produk telah ditransformasikan ke dalam tujuan promosi.Dalam tujuan Periklanan harus menjabarkan berapa % tingkat awareness
(sadar kenal/tanggapan) yang diharapkan terhadap target audience Dalam
tujuan promosi biasanya dinyatakan berapa banyak orang yang diharapkan
tahu tentang promosi yang disampaikan dan pada tingkat tanggapan yang
bagaimana Selanjutnya ditetapkan berapa banyak yang harus menjadi
tanggung jawab Periklanan dan berapa banyak dari unsur-unsur promosi
lainnya (Personal Selling, Publicity, Sales Promotion) Bila seandainya
aktivitas unsure-unsur promosi lainnya dianggap tidak diperlukan dengan
sendirinya target audience tersebut harus menjadi tanggung jawab
sepenuhnya Periklanan.Langkah berikutnya adalah menentukan
tingkat tanggapan yang bagaimana yang diharapkan sehingga khalayak
sasaran bersedia membeli produk yang diiklankan
Strategi Periklanan.
Ada dua syarat utama yang harus dipenuhi:
a. Siapa khalayak sasaran Periklanan
b. Bagaimana membuat khalayak sasaran Periklanan tsb tahu tentang iklan
produk kita sehingga tercapai yang dinyatakan oleh tujuan Periklanan.
Sebagai alat pencapaian tersebut ialah dengan advertising mix yang
terdiri dari unsure media dan unsure kreatif
Program Dinyatakan dalam bentuk penjabaran strategi Periklanan yang dikaitkan dengan unsure waktu
Anggaran
Dinyatakan dalam bentuk rincian atas kebutuhan untuk kegiatan-kegiatan Periklanan
Element of Advertising Plan
a. Executive Summary (Ringkasan Eksekutif)
1). Ringkasan yang berisi butir-butir utama yang disampaikan dalam Advertising Plan
2). Fungsinya untuk memberikan gambaran singkat/kerangka rencana yang diusulkan. 3). Terdiri dari satu atau dua halaman
b. Situation Analysis
Riwayat Produk,Latar Belakang diciptakannya produk,Budget Periklanan yang sudah dikeluarkan dalam periode tertentu,Tema iklan yang sudah pernah atau sedang digunakan,Pengaruh kondisi sosial, politik dan ekonomi yang berkaitan dengan pemasaran produk & Problem yang dihadapi dan peluang yang ada
PERENCANAAN KREATIF PERIKLANAN
Sebagaimana setiap perencanaan , dalam perencanaan kreatif kita perlu menetapkan 4 hal pokok, yaitu :
Tujuan Kreatif Dinyatakan dalam tingkat tanggapan (respons) yang kita inginkan terjadai pada diri khalayak (audience).Strategi Kreatif Mencakup pemilihan strategi dasar untuk menciptakan
iklan dari gagasan isinya (content). Strategi kreatif ini kemudian akan
dituangkan ke dalam bentuk rencana kerja kreatif (creative workplan)
yang kemudian akan dijadikan dasar untuk pelaksanaan eksekusi kreatif.
Creative workplan disusun berdasarkan konsep produk yang telah disiapkan
sebelumnya sebagai identifikasi atas produk, konsumen, kondisi pasar
dan persaingan.Strategi kreatif dinyatakan dalam jabaran yang
menetapkan a. Siapa khalayak sasaran kreatif (creative target audience)
b. Bagaimana membuat paduan kreatif (penulisan naskah dan art &
visualisasi) yang lebih efektif terhadap khalayak sasaran tersebut.
Dalam praktek di perusahaan Periklanan, kedua jabaran diatas dilakukan
dengan menetapkan : Untuk khalayak sasaran : siapa individu, keluarga
atau kelompok terkecil lain yang dapat mewakili seluruh khalayak sasaran
Periklanan suatu produk.Makin kecil kelompok ini, makin baik,
karena akan sangat memudahkan penulis naskah (copywriter) artis (art
director) untuk menciptakan pesan-pesan iklan yang lebih komunikatif
dengan kelompok tersebut Untuk paduan kreatif, akan ditulis secara
singkat namun jelas tentang patokan-patokan (definitions) yang akan
diterapkan dalam pesan iklan tersebut.
Patokan-patokan ini umumnya dijabarkan dalam 6 hal :
1.posisi produk/merk (product/brand positioning) adalah persepsi apa
yang kita inginkan timbul pada khalayak setiap kali mereka membutuhkan
jenis produk kita ataupun di saat mereka terekspos oleh iklan atau
produk tersebut. Paling ideal jika persepsi tersebut sesuatu yang unik,
setidaknya berbeda dari pesaingnya.
2.manfaat utama konsumen
(key consumers benefit) adalah manfaat langsung atau segera yang
diperoleh konsumen di saat mereka membeli atau di saat awal penggunaan
produk tersebut
3. Janji (promise) Adalah manfaat lain yang
akan diperoleh konsumen secara tidak langsung atau setelah penggunaan
dengan teratur atau dalam waktu yang relatif lama
4. Bukti
penunjang (supporting evidence) Adalah penggunaan acuan yang dapat
meyakinkan khalayak tentang manfaat utama dan janji yang kita sampaikan.
Meyakinkan khalayak ini dapat dilakukan dengan memberikan acuan tentang
pengalaman konsumen yang sudah pernah menggunakan produk tersebut, atau
dari produk, harga, distribusi dan promosinya ataupun dari perusahaan
pembuat produk itu sendiri. Kadang-kadang malahan cukup diacu pada akal
sehat para khalayak saja.
5. Citra yang akan dibangun (image)
Adalah upaya untuk membentuk persepsi positif khalayak tentang merek,
produk atau perusahaan
6. Pembawaan (tone and manner) Adalah
rincian tentang hal-hal teknis lain yang tidak dibahas dalam kelima
unsure lainnya. Para praktisi sering memanfaatkannya untuk membahas
struktur metode, teknik, karakter, gaya baik yang menyangkut penulisan
naskah ataupun yang menyangkut seni dan visualisasi. Jenis-Jenis
Strategi Kreatif : USP (Uniqe Selling Preposition) Pernyataan unik yang
menjual, mayor selling idea. Pernyataan unik yang didasarkan pada
keunggulan teknis dari produk 3 prinsip pembuatan USP : menyangkut
manfaat produk, pernyataan dibuat harus unik/tidak digunakan oleh produk
lain, pernyataan dibuat bersifat menjual Brand Image.
Menyangkut pengembangan dan upaya mempertahankan citra dari suatu merk
Positioning Strategi positioning dapat memberikan focus dalam
pengembangan kampanye Periklanan. Strategi ini dapat berisi dan
diimplementasikan melalui berbagai cara yang diambil dari atribut,
persaingan, dsb. Inherent Drama Pendekatan ini merupakan strategi
kreatif yang dilakukan melalui penonjolan sifat-sifat produk secara
dramatis . Tipe-tipe Himbauan Pesan Iklan : a. Daya tarik Rasional
Cenderung memberikan informasi nyata, digunakan untuk menunjukkan suatu
kenyamanan bagi konsumen terhadap suatu produk dengan menawarkan
keuntungan tertentu Himbauan yang dijadikan daya tarik rasional :
Feature appeal Himbauan pesan lebih menonjolkan keistimewaan /cirri-ciri
produk dengan kelengkapan produk Competitive advance appeal Menonjolkan
kelebihan produk disbanding produk pesaing Favorable appeal Menekankan
pada pendektan harga yang menarik, isi pesan yang terfokus pada
penawaran harga yang menarik News appeal Didominasi berita yang
menginformasikan produk baru atau keberadaan produk di pasar Product
popularity Penggunaaan popularitas produk dengan penonjolan seperri
banyaknya konsumen yang memakai produk tsb b. Daya tarik Emosional
Ditempatkan dalam kreatif iklan seperti rasa humor, iri atau takut yang
diolah sedemikian rupa supaya dapat membuat khalayak menerimanya sebagai
pertimbangan ketika mengambil keputusan membeli. Daya tarik ini
digunakan pula untuk mempengaruhi interpreatsi konsumen melalui
pengalaman mereka dalam penggunaaan produk.Program Kreatif
Dinyatakan dalam bentuk penjabaran strategi kreatif yang dikaitkan
dengan unsure waktu Selain itu, program kreatif juga membahas
visualisasi nyata dari strategi kreatif yang telah ditetapkan baik dalam
bentuk teks naskah iklan atau desainnya.Anggaran Kreatif
Dinyatakan dalam bentuk rincian atas kebutuhan dan untuk bahan-bahan
Periklanan maupun promosi lainnya, baik untuk penyiapan bahan-bahan
iklan pada perusahaan Periklanan sendiri, seperti desain, artwork, dsb
ataupun yang dilakukan pihak keetiga seperti film positif, separasi
warna, barang cetakan dsb.
Konsep komunikasi dalam Teknologi Iklan Facebook
Iklan yang dalam hal ini adalah iklan di jejaring sosial Facebook
merupakan salah satu bentuk dari kegiatan komunikasi. Komunikasi sendiri
memiliki 5 konsep dasar yaitu pengirim pesan yang dalam hal ini adalah
pengiklan, Penerima pesan yang dalam hal ini adalah khalayak, pesan yang
dalam hal ini adalah isi dari iklan yang ingin disampaikan, media yang
dalam hal ini adalah teknologi iklan Facebook itu sendiri, serta tujuan
yang dalam hal ini adalah tujuan yang ingin dicapai oleh pengiklan,
seperti misalnya ingin meningkatkan penjualan, ingin lebih dikenal, dan
lain sebagainya. Dari konsep-konsep komunikasi yang sudah dijelaskan,
dapat dilihat bahwa konsep komunikasi yang dapat menjelaskan Iklan
Facebook sebagai alat komunikasi adalah konsep iklan Facebook sebagai
media komunikasi. Iklan Facebook sebagai media sangat mudah terlihat,
dimana iklan sendiri merupakan bagian dari media dalam kegiatan
komunikasi.
Sebagai media, iklan Facebook memiliki fungsi dan
manfaat untuk menyalurkan pesan dari pengiklan ke para khalayak atau
target pasar guna untuk mencapai tujuan yang diingini oleh pengiklan itu
sendiri. Sebagai media pengiklan, Dalam konsep AIDA, iklan Facebok
dapat dikatakan cukup efektif karena mampu memenuhi semua unsur dalam
konsep tersebut, yaitu Attention atau perhatian, yang mana iklna
Facebook ini dapat menangkap perhatian dari para khalayak karena iklan
akan tampil di bagian kanan halaman Facebook mereka, Interest atau
minat, yang mana setelah mereka tertarik dengan iklan tersebut, mereka
akan memiliki minal untuk mengetahui lebih jauh mengenai isi iklan yang
disampaikan, Desire (hasrat), setelah memiliki minat makan para khalayak
akan memiliki hasrat untuk memiliki sesuatu yang ditawarkan di iklan
Facebook, lalu Action atau tindakan, yaitu proses akhir dimana khalayak
akan bertindak lebih jauh untuk melakukan hal yang menjadi tujuan dari
iklan tersebut, seperti tindakan membeli produk, menggunakan jasa yang
ditawarkan, dan lain sebagainya
No comments:
Post a Comment